Institusi dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu :
- Institusi formal adalah suatu institusi yang dibentuk oleh pemerintah atau oleh swasta yang mendapat pengukuhan secara resmi serta mempunyai aturan-aturan tertulis/ resmi. Institusi formal dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
- Institusi pemerintah adalah lembaga yang dibentuk oleh
pemerintah berdasarkan suatu kebutuhan yang karena tugasnya berdasarkan
pada suatu peraturan perundang-undangan melakukan kegiatan untuk
meningkatkan pelayanan masyarakat dan meningkatkan taraf kehidupan
kebahagiaan kesejahteraan masyarakat. Institusi Pemerintah atau Lembaga
Pemerintah dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
- Lembaga pemerintah yang dipimpin oleh seorang menteri.
- Lembaga pemerintah yang tidak dipimpin oleh seorang menteri, dan bertanggung jawab langsung kepada presiden (disebut Lembaga Pemerintah Non-Departemen). Contoh : Lembaga Administrasi Negara dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
- Institusi swasta adalah institusi yang dibentuk oleh swasta (organisasi swasta) karena adanya motivasi atau dorongan tertentu yang didasarkan atas suatu peraturan perundang-undangan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Institusi atau lembaga ini secara sadar dan ikhlas melakukan kegiatan untuk ikut serta memberikan pelayanan masyarakat dalam bidang tertentu sebagai upaya meningkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Contoh : Yayasan Penderita Anak Cacat, Lembaga Konsumen, Lembaga Bantuan Hukum, Partai Politik.
- Institusi non-formal adalah suatu institusi yang tumbuh
dimasyarakat karena masyarakat membutuhkannya sebagai wadah untuk
menampung aspirasi mereka. Ciri-ciri institusi non-formal antara lain:
- Tumbuh di dalam masyarakat karena masyarakat membentuknya, sebagai wadah untuk menampung aspirasi mereka.
- Lingkup kerjanya, baik wilayah maupun kegiatannya sangat terbatas.
- Lebih bersifat sosial karena bertujuan meningkatkan kesejahteraan para anggota.
- Pada umumnya tidak mempunyai aturan-aturan formal (Tanpa anggaran dasar/Anggaran rumah tangga).
2. pemerintahan (aspek hukum)
Bekerjanya aparatur pemerintahan secara institusional, merupakan suatu amanah yang diberikan Undang-Undang kepada masing-masing lembaga tersebut untuk dapat melaksanakan semua tugas-tugasnya dengan baik dan benar. Dalam pengertian bahwa kegiatan pemerintahan harus dilakukan secara bertanggung jawab atau yang dikenal dengan istilah good governance. Sehingga masyarakat akan dapat merasakan dampak yang nyata dilaksanakannya sistem pemerintahan tersebut, yaitu terciptanya kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Sebaliknya, “penyalah gunaan amanah” yang diberikan Undang-Undang kepada masing-masing lembaga tersebut, akan dapat membawa kehancuran sendi-sendi kehidupan bernegara, tidak hanya kehancuran pada sistem pemerintahan pada satu sisi juga bagi masyarakat pada umumnya.Hal ini dapat penulis contohkan, diawali terjadinya multi krisis pada akhir tahun 1997 yang ditandai dengan runtuhnya rezim orde baru (Soeharto) (http://www.scribd.com download 26 Mei 2011). Sehingga sejak saat itu, tuntutan untuk mewujudkan good governance sudah menjadi salah satu isu penting di Indonesia. Contoh lain dapat penulis kemukakan adalah sebut saja kasus terpidana “Mafia Pajak” Gayus Tambunan (http://www.voanews.com download 26 Mei 2011) yang telah menyeret begitu banyak nama baik dikalangan Pemerintahan, swasta maupun aparat Penegakan Hukum sendiri. Hal ini menunjukkan betapa “bobroknya” sistem penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan selama ini. Berbagai kebijakan yang telah dibuat selama ini seharusnya dapat dijadikan sebagai benteng untuk membentengi aset-aset Negara, namun oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab di jadikan sebagai alat legalitas untuk memperkaya diri sendiri dan/atau golongan/kelompok.Terjadinya berbagai macam krisis tersebut, telah mendorong arus balik yang begitu gencar untuk menuntut perbaikan atau reformasi dalam penyelenggaraan negara termasuk birokrasi pemerintahannya. Salah satu penyebab terjadinya krisis multidimensi yang kita alami saat ini adalah tidak lain karena buruknya atau salah kelola dalam penyelengaraan tata kepemerintahan (poor governance), yang antara lain diindikasikan oleh beberapa masalah, antara lain: (1) dominasi kekuasaan oleh satu pihak terhadap pihak-pihak lainnya, sehingga pengawasan menjadi sulit dilakukan; (2) terjadinya tindakan KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme); (3) rendahnya kinerja aparatur termasuk dalam pelayanan kepada publik atau masyarakat di berbagai bidang (http://www.goodgovernance-bappenas.go.id download 6 Juni 2011).Selain begitu gencarnya tuntutan untuk dilakukannya perbaikan/ reformasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, maka upaya yang dapat digunakan dalam rangka mengatasi “penyalah gunaan amanah” dalam tata pemerintahan yaitu mengoptimalkan penegakan hukum (law enforcement). Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu fungsi dari hukum adalah sebagai alat “rekayasa masyarakat”. Hukum dapat menyediakan instrumen yang berguna sebagai pedoman bagi perilaku manusia, dan dimana perlu memaksakannya. Dengan jalan ini, hukum dapat memberikan landasan bagi perubahan perilaku yang diperlukan bagi pengembangan masyarakat yang benar-benar berkelanjutan. Sehingga penggunaan sarana hukum dalam hal ini upaya penal (hukum pidana) dimungkinkan untuk segera di optimalkan dalam konteks good governace.Reformasi Birokrasi dan Penyelenggaraan PemerintahanReformasi Birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut masalah-masalah krusial yang saat ini di hadapi oleh pemerintah sendiri. Perubahan mendasar tersebut nampaknya sudah menjadi harga mati demi meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada kinerja pemerintah. Sejarah Indonesia Merdeka menunjukan, birokrasi yang tidak netral telah turut membawa Indonesia pada jurang kekacauan politik; dan birokrasi yangtidak netral selalu tumbuh bersama dengan kekuatan dan kepentingan politik atau golongan tertentu, selalu terjebak dalam godaan KKN, dan akhirnya juga membawa negara kita pada kehancuran ekonomi. Hal semacam itu telah terjadi pada setiap “rezim pemerintahan”; dengan akibat dan dampak yang serupa berupa kelemahan bangunan kelembagaan hukum, dan kehancuran kehidupan ekonomi, politik, dan sosial.Berbagai fenomena di atas mengungkapkan perlunya pelaksanaan reformasi birokrasi secara menyeluruh dan sistimatis sebagai bagian dari pembangunan Sistem Administrasi Negara Kesatuan, Republik Indonesia. Dengan demikian, tuntutan akan reformasi birokrasi mengandung makna perlunya langkah-Iangkah pendayagunaan bukan saja (a) terhadap sistem birokrasi dan birokrat, tetapi juga (b) langkah-Iangkah serupa pada berbagai institusi dan individu di luar birokrasi, baik publik maupun private, termasuk lembaga-lembaga negara dan berbagai lembaga, yang berkembang dalam masyarakat, beserta segenap personnelnya; dan (c) semuanya itu dilakukan secara sinergis dengan semangat “mengemban perjuangan yang diamanatkan konstitusi”, dan mengindahkan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik (Mustopadijaja AR, 2003:11). Adapun aspek-aspek krusial yang harus segera diadakan reformasi dalam sistem birokrasi dan pemerintahan adalah sebagai berikut : - Kelembagaan (organisasi)
- Ketatalaksanaan (business process)
- sumber daya manusia aparatur
Berbagai permasalahan atau hambatan yang mengakibatkan sistem
penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan atau diperkirakan tidak
berjalan dengan baik, harus ditata ulang atau diperbarui. Reformasi
Birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan
yang baik (good governance).
Dengan kata lain, Reformasi Birokrasi adalah langkah strategis untuk
membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna
dalam mengemban tugas umum pemerintahan dalam rangka pembangunan
nasional. Selain itu, dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan,
teknologi informasi dan komunikasi serta perubahan lingkungan strategis
menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan
dinamika tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, harus segera diambil
langkah langkah yang bersifat mendasar, komprehensif dan sistemik,
sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan
efektif dan efisien. Reformasi di sini merupakan proses pembaruan
yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, sehingga tidak
termasuk upaya dan/atau tindakan yang bersifat radikal dan revolusioner.
Disadari sepenuhnya, kondisi birokrasi pemerintahan saat ini masih
belum seperti yang dicita-citakan, yang antara lain diindikasikan dengan
:
- praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) masih berlangsung hingga saat ini;
- tingkat kualitas pelayanan publik yang belum mampu memenuhi harapan publik;
- tingkat efisiensi, efektivitas dan produktivitas dari birokrasi pemerintahan belum Optimal;
- tingkat transparansi dan akuntabilitas birokrasi pemerintahan yang masih rendah;
- tingkat disiplin dan etos kerja pegawai yang masih rendah;
- tingkat efektifitas pengawasan fungsional dan pengawasan internal dari birokrasi pemerintahan belum dapat berjalan secara optimal;
Kondisi
birokrasi sebagaimana tersebut diatas semakin memperkuat tekad untuk
mempercepat proses Reformasi Birokrasi dan Pemerintahan, di
lembaga-lembaga pemerintahan pada umumnya serta di lembaga penegakan
hukum pada khususnya serta lembaga-lembaga keuangan dan pelayanan
publik.
Good Governance
Kata ‘good’ pada good-governance bermakna: (Pipin Hanapiah, 2007:2) dapat berarti Berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, dan Negara, atau; Keberdayaan
masyarakat dan swasta atau; Pemerintahan yang bekerja sesuai dengan
hukum-positif Negara atau; Pemerintahan yang produktif, efektif, dan
efisien. Sementara ‘governance’-nya bermakna: penyelenggaraan pemerintahan atau; aktivitas pemerintahan melalui: pengaturan publik, fasilitasi publik dan pelayanan publik. Sehingga dengan demikian good governance dapat di artikan sebagai penyelenggaraan pemerintahan yang baik yang terkandung substansi nilai-nilai yaitu:
(a) bagaimana pemerintah memimpin negara dengan bersih
(b) bagaimana masyarakat mengatur dirinya sendiri secara mandiri
(c) bagaimana pemerintah dan masyarakat menyelenggarakan pemerintahan secara bertanggungjawab.
Untuk dapat memahami apa sebenarnya good governance
itu, maka paling tidak ada beberapa prinsip-prinsip pokok yang perlu
dipahami, baik oleh pemerintah maupun oleh seluruh masyarakat (stakeholder)
sehingga dapat di jadikan sebagai tolok ukur kinerja suatu pemerintah.
Adapun Prinsip-prinsip tersebut meliputi (dalam Koesnadi
Hardjasoemantri, 2003:2):
a. Partisipasi masyarakat:
semua warga masyarakat mempunyai suara dalam pengambilan keputusan,
baik secara langsung maupun melalui lembaga-lembaga perwakilan yang sah
yang mewakili kepentingan mereka. Partisipasi menyeluruh tersebut
dibangun berdasarkan kebebasan berkumpul dan mengungkapkan pendapat,
serta kepastian untuk berpartisipasi secara konstruktif, dalam konteks
pembangunan nasional.
b. Tegaknya supremasi hukum: kerangka hukum harus adil dan diberlakukan tanpa pandang bulu (equality before the law), termasuk di dalamnya adalah penegakan hukum yang menyangkut hak asasi manusia.
c. Transparasi:
transparansi dibangun atas dasar informasi yang bebas. Seluruh proses
pemerintah, lembaga-lembaga, dan informasi perlu dapat diakses oleh
pihak-pihak yang berkepentingan, dan informasi yang tersedia harus
memadai agar dapat dimengerti dan dipantau oleh segenap lapisan
masyarakat. Sehingga kinerja pemerintah dapat diketahui tingkat
keberhasilan atau-pun kegagalannya.
d. Peduli dan stakeholder:
lembaga-lembaga dan seluruh proses pemerintah harus berusaha melayani
semua pihak yang berkepentingan, dengan tetap memperhatikan mutu
pelayanan itu sendiri (pelayanan prima).
e. Berorientas pada consensus:
tata pemerintahan yang baik menjembatani kepentingan-kepentingan yang
berbeda demi terbangunnya suatu consensus menyeluruh dalam hal apa yang
terbaik bagi kelompok-kelompok masyarakat, dan bila mungkin, konsensus
dalam hal kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang pro-rakyat.
f. Kesetaraan: semua warga masyarakat mempunyai kesempatan memperbaiki atau mempertahankan kesejahteraan mereka.
g. Efektifitas dan efisiensi:
proses-proses pemerintahan dan lembaga-lembaga membuahkan hasil sesuai
kebutuhan warga masyarakat dan dengan menggunakan sumber-sumber daya
yang ada seoptimal mungkin demi kesejahteraan masyarakat.
h. Akuntabilitas:
para pengambil keputusan di pemerintah, sektor swasta, dan organisasi
masyarakat bertanggungjawab, baik kepada masyarakat maupun kepada
lembaga-lembaga yang berkepentingan baik secara formal dan moral.
i. Visi strategis:
para pemimpin dan masyarakat memiliki perspektif yang luas dan jauh ke
depan atas tata pemerintahan yang baik dan pembangunan manusia, serta
kepekaan akan apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan perkembangan
tersebut. Selain itu, mereka juga harus memiliki pemahaman atas
kompleksitas kesejarahan, budaya, dan sosial yang menjadi dasar bagi
perspektif tersebut. Sehingga apa yang diinginkan oleh seluruh lapisan
masyarakat dapat benar-benar terwujud.
Good governace hanya bermakna bila keberadaannya ditopang oleh lembaga-lembaga yang melibatkan kepentingan publik. Ada tiga pilar pokok yang mendukung kemampuan suatu bangsa dalam melaksanakan good governance, yaitu (Sofian Effendi, 2005:2): Pemerintah (the state), Civil Society (masyarakat adab, masyarakat madani, masyarakat sipil), dan Pasar atau dunia usaha.
Penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab baru
tercapai bila dalam penerapan otoritas politik, ekonomi dan administrasi
ketiga unsur tersebut memiliki jaringan dan interaksi yang setara dan
sinerjik. Interaksi dan kemitraan seperti itu biasanya baru dapat
berkembang subur bila ada kepercayaan (trust), transparansi, partisipasi, serta tata aturan yang jelas dan pasti, Good governance yang sehat juga akan berkembang sehat dibawah kepemimpinan yang berwibawa dan memiliki visi yang jelas.
Fungasi Hukum Pidana dalam Tata Pemerintahan
Dalam karyanya yang terkenal yaitu “De Ligibus“ Cicero mengatakan bahwa “Ubi Societas Ibi ius”,
“dimana ada masyarakat disana pasti ada hukum”. Dalam lingkungan
masyarakat seperti apapun pasti ada hukum dengan corak dan bentuk yang
sesuai dengan tingkat peradaban masyarakat tersebut. Thimasef juga
mengatakan dalam masyarakat yang primitip pun pasti ada hukum. Van
Apeldoorn (dalam Achmad Sanusi, 1977:28) juga pernah menulis “Recht is over de gehele wereld; overall waar een samenleving van mensen Is”
artinya “hukum terdapat di seluruh dunia selagi ada kehidupan
masyarakat manusia”. Hukum berfungsi sebagai pedoman untuk setiap orang
dalam bertingkah laku. Hukum bisa dikatakan sebagai rule of conduct for men behavior in a society serta merupakan the normative of the state and its citizen. Sebagai sebuah sistem, hukum dapat berfungsi sebagai control social (as a tool of social control), sebagai sarana penyelesaian konflik (dispute settlement) dan untuk memperbaharui masyarakat.
Roscoe Pound (di Kutip oleh Saut P. Panjaitan, 1998:130) secara
komprehensif mengatakan bahwa hukum berfungsi memenuhi berbagai
kepentingan yaitu kepentingan individu (individual interest), kepentingan penyelenggara Negara (public interest) dan kepentingan masyarakat (social interest).
Secara sederhana dapat dikatakan bahwa hukum berfungsi sebagai sarana
kepentingan penyelenggara kekeuasaan Negara atau pemerintah (power instrument).
Berbagai kepentingan masyarakat yang sudah diatur oleh hukum, secara
ideal seharusnya tidak terjadi lagi ketidak adilan, perampasan hak atau
perbuatan sewenang-wenang, baik oleh individu terlebih-lebih oleh
Negara. Tatanan kehidupan masyarakat sejatinya-pun tidak akan
terganggu, tetapi ternyata dorongan untuk melakukan kejahatan sudah ada
sejak penciptaan manusia di bumi.
Pelanggaran terhadap norma hukum tersebut berakibat keseimbangan dalam
masyarakat terganggu dan pemulihan kondisi masyarakat harus dilakukan
melalui perangkat hukum berupa sanksi (pidana) dalam pelanggaran hukum
publik dan sanksi dalam bidang hukum lainnya. Sanksi pidana dalam hukum
pidana merupakan salah satu cara untuk menanggulangi kejahatan, dan
peran sanksi pidana dalam menanggulangi kejahatan nampaknya tidak
diragukan lagi. Hal ini dapat di lihat dari praktek penggunaan hukum
pidana selama ini, sehingga keberadaannya masih sangat dibutuhkan.
Termasuk dimungkinkan juga untuk dapat diterapkan dalam bidang tata
pemerintahan, dalam rangka untuk meredam prilaku yang menyimpang dari
fungsionaris pemerintahan.
Definisi Hukum Pidana
Sebelum
penulis menjelaskan aspek hukum pidana dalam tata pemerintahan, maka
ada baiknya penulis terlebih dahulu menjelaskan apa hukum pidana itu.
Definisi Hukum Pidana menurut beberapa ahli adalah (dalam Teguh
Prasetyo, 2010:4-9) antara lain :
1. Pompe, yang menyatakan bahwa hukum pidana adalah: keseluruhan aturan ketentuan hukum
mengenai perbuatan-perbuatan yang dapat dihukum dan aturan pidananya.
2. Van Apeldoorn, menyeatakan bahwa Hukum Pidana dibedakan dari diberikan arti :
Hukum Pidana materiil yang menunjuk pada perbuatan pidana dan yang oleh
sebab perbuatan itu dapat dipidana, dimana perbuatan pidana itu
mempunyai dua bagian, yaitu :
a. Bagian
objektif merupakan suatu perbuatan atau sikap yang bertentangan dengan
hukum pidana positif, sehingga bersifat melawan hukum yang menyebabkan
tuntutan hukum dengan ancaman pidana atas pelanggaranya.
b. Bagian subjektif merupakan kesalahan yang menunjuk kepada pelaku untuk dipertanggung jawabkan menurut hukum.
Sedangkan hukum pidana formil yang mengatur cara bagaimana hukum pidana materiil dapat ditegakan.
3. D. Hazewinkel Suringa, dalam bukunya membagi hukum pidana dalam dua arti (dalam Adami Chazawi, 2002: 9) yaitu:
a. Objektif (ius poenale), yang meliputi:
1) Perintah dan larangan yang pelanggaranya diancam dengan sansi pidana oleh badan yang berhak.
2) Ketentuan-ketentuan yang mengatur upaya yang dapat digunakan, apabila norma itu dilanggar, yang dinamakan Hukum Panitensier.
b. Subjektif (ius puniendi), yaitu: hak Negara menurut hukum untuk menuntut pelanggaran delik dan untuk menjatuhkan serta melaksanakan pidana.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa Hukum Pidana adalah Hukum yang mengatur perbuatan-perbuatan apa yang dilarang atau diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan membawa akibat diterapkannya hukuman (pidana) bagi mereka yang melakukan (positif) atau tidak melakukan perbuatan dimaksud (negative).
Perbuatan Pidana
Perbuatan pidana dikenal dengan beberapa istilah seperti tindak pidana,
peristiwa pidana, dan delict. Dimaksud dengan perbuatan pidana ialah
suatu perbuatan atau rangkaian perbuatan yang dapat dikenakan hukuman
pidana. Sebagaimana dikemukakan oleh Moeljatno (1983:22) menyatakan
bahwa tindak pidana adalah suatu perbuatan yang dilarang dan diancam
dengan pidana, terhadap barang siapa melanggar larangan tersebut.
Perbuatan itu harus pula dirasakan oleh masyarakat sebagai suatu
hambatan tata pergaulan yang dicita-citakan oleh masyarakat.
Sementara itu Loebby Loqman (tanpa tahun:13) menyatakan bahwa suatu
tindak pidana harus memenuhi unsur-unsur sebagai berikut: a). perbuatan
manusia baik aktif maupun pasif; b). perbuatan itu dilarang dan diancam
dengan undang-undang; c). perbuatan itu melawan hukum; d). perbuatan itu
dapat dipersalahkan dan e). pelakunya dapat dipertanggungjawabkan.
Sehingga dengan demikian bahwa suatu peristiwa hukum dapat dinyatakan
sebagai peristiwa pidana apabila memenuhi unsur obyektif dan unsur subyektif.
· Unsur-unsur obyektif artinya adalah: unsur-unsur yang melekat pada perbuatan dapat berupa :
-. Perbuatan manusia contoh: mengambil
-. Suatu akibat perbuatan contoh: menghilangkan nyawa orang lain
-. Keadaan (omstandigheidn) contoh: merusak kesusilaan
· Unsur-unsur subyektif artinya adalah: unsur-unsur yang melekat pada diri si pelaku (subyektif) tindak pidana, dapat berupa :
-. Salah (schuld) baik kesengajaan (opzet) maupun kelalaian (culpa)
-. Keadaan jiwa yang dapat dipertanggung jawabkan atas perbuatannya (toerekeningvatbaarheid);
-. Predikat, contoh: PNS, Pejabat, ibu, dsb
Dalam
persidangan pengadilan tindak pidana, maka kedua unsur tersebut harus
dibuktikan, dan bagaimana bila unsur tersebut tidak dapat dibuktikan
maka, sebagaimana menurut Prof. Moeljatno keadaannya adalah sbb:
- Bila unsur obyektif tidak dapat dibuktikan, maka keputusannya terdakwa harus “dibebaskan” (vrijspraak);
- Bila unsur subyektif tidak dapat dibuktikan, maka keputusannya terdakwa “dilepaskan dari tuntutan hukum” (onslag van alle rechtsvervolging)
Ajaran
Prof. Moeljatno ini biarpun terkenal namun tidak lah diikuti oleh
seluruh hakim di Indonesia, selain dari ajaran Moeljatno itu tentang
arti perbuatan pidana serta sebab-akibatnya, hakim-hakim di Indonesia
juga banyak yang mengikuti ajaran Prof.Vrij di Negeri Belanda yang
membedakan antara : “elementen” (unsur-unsur) dan “bestandelen” (bagian-bagian) dari tindak pidana.
- Bestandelen adalah bagian-bagian dari perbuatan yang dirumuskan Undang-Undang.
- Elementen adalah syarat bagi dilarangnya perbuatan dan diancam dengan pidana yang terdiri dari:
a. Kemampuan bertanggung jawab sipelaku;
b. Sifat buruk perbuatan itu;
c. Perbuatan itu melawan hukum.
Tanpa dapat dibuktikannya bestandelen maka putusan hakim akan membebaskan (vrijspraak) terdakwa, sedangkan tanpa elementen putusan akan melepaskan dari tuntutan (onslag van alle vervolging).
Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat di ketahui bahwa syarat yang
harus dipenuhi (baik perbuatan yang memenuhi unsur obyektif ataupun
subyektif yang dipersyaratkan) dalam suatu peristiwa pidana ialah:
1. Harus ada suatu perbuatan. Dimana memang benar-benar ada suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang.
Kegiatan tersebut terlihat sebagai suatu perbuatan tertentu yang dapat
dipahami oleh orang lain sebagai sesuatu yang merupakan peristiwa hukum.
Perbuatan tersebut harus bertentangan dengan hukum;
2. Perbuatan tersebut harus sesuai dengan apa yang dilukiskan dalam ketentuan hukum.
Perbuatan sebagai suatu peristiwa hukum memenuhi isi ketentuan hukum
yang berlaku pada saat itu. Pelakunya memang benar-benar telah berbuat
seperti yang terjadi dan terhadapnya wajib mempertanggung jawabkan
akibat yang timbul dari perbuatan itu. Berkenaan dengan syarat ini
hendaknya dapat dibedakan bahwa ada suatu perbuatan yang tidak dapat
disalahkan dan terhadap pelakunya tidak perlu mempertanggung jawabkan.
3. Harus terbukti adanya kesalahan yang dapat dipertanggung jawabkan.
Perbuatan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang itu harus
dapat dibuktikan sebagai suatu perbuatan yang disalahkan oleh ketentuan
hukum.
4. Harus tersedia ancaman hukumannya.
Yaitu harus ada ketentuan yang mengatur tentang larangan atau keharusan
dalam suatu perbuatan tertentu dan ketentuan tersebut memuat sanksi
ancaman hukumannya. Ancaman hukuman tersebut dinyatakan secara tegas
maksimal hukuman yang harus dilaksanakan oleh para pelakunya. Jadi
dengan demikian maka untuk dapat dinyatakan bahwa suatu perbuatan dalam
tata pemerintahan tersebut merupakan tindak pidana dan dapat diancam
dengan sanksi pidana maka harus memenuhi unsur-unsur dalam tindak
pidana.
Alasan-Alasan Penghapus Pidana
Dalam Hukum Pidana dikenal adanya alasan-alasan penghapus pidana.
Penghapusan pidana adalah hapusnya suatu pidana dikarenakan
alasan-alasan yang dibenarkan oleh Perundang-Undangan yang berlaku.
Adapun alasan-alasan penghapusan pidana dalam hukum pidana ada dua macam
(Schaffineiser, Et all, 1995:57) yaitu :
1. Alasan Pemaaf
Dasar penghapus berdasar alasan pemaaf melihat dari sisi pelakunya
(subyektif). Pada alasan pemaaf, maka suatu tindakan tetap melawan
hukum, tetapi terdapat hal-hal khusus yang menjadikan si pelaku tidak
dapat dipertanggung jawabkan, atau dengan kata lain menghapuskan
kesalahannya. Sebagaimana diatur dalam KUHP yaitu:
a. Tidak dapat dipertanggungjawabkan (Pasal 44 KUHP)
b. Daya paksa (overmacht) (Pasal 48 KUHP)
c. Pembelaan terpaksa yang melampaui batas dikarenakan kegoncangan jiwa yang hebat (noodweer exces) (Pasal 49 ayat (2) KUHP)
d. Melaksanakan perintah jabatan yang diberikan oleh penguasa yang berwenang (Pasal 51 ayat (1) KUHP)
Penghapusan
pidana berdasarkan alasan pemaaf menyatakan bahwa suatu perbuatan tidak
dianggap pidana dan dimaafkan jika ia melaksanakan perintah jabatan
yang diberikan oleh penguasa yang berwenang. Dalam konteks tata
pemerintahan, maka sepanjang tindakan yang dilakukan oleh aparatur
pemerintahan tersebut adalah melaksanakan perintah jabatan sebagaimana
yang diberikan oleh penguasa yang berwenang.
2. Alasan Pembenar
Dasar penghapus berdasakan alasan pembenar melihat dari sisi
perbuatannya (obyektif). Pada alasan pembenar, suatu perbuatan
kehilangan sifat melawan hukumnya, sehingga menjadi legal/diperbolehkan
dan pelakunya tidak dapat disebut sebagai pelaku tindak pidana. Sebagai-
mana diatur dalam KUHP yaitu:
a. Menjalankan peraturan undang-undang (Pasal 50 KUHP)
- Pembelaan terpaksa dari serangan atau ancaman yang melawan hukum, yang dilakukan untuk diri sendiri atau orang lain, kehormatan kesusilaan atau harta benda sendiri maupun orang lain (noodweer) (Pasal 49 ayat (1) KUHP)
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka suatu perbuatan pidana tidak
dapat dihukum sepanjang terdapat alasan pembenar dan pemaaf. Dan
sebaliknya, perbuatan itu dapat di hukum apabila tidak terdapat unsur
pemaaf dan pembenarnya, termasuklah perbuatan tersebut dilakukan oleh
fungsionaris pemerintahan.
Tindakan Pemerintah di Negara Hukum
Dalam melakukan aktifitasnya, pemerintah dapat melakukan dua macam
tindakan, (E. Utrecht, 1960:63) yatu: tindakan biasa (feitelijkehandelingen) dan tindakan hukum (rechtshandelingen). Dalam kajian hukum, yang terpenting untuk dikemukakan adalah tindakan dalam katagori kedua, yaitu: rechtshandelingen (tindakan hukum).
Tindakan hukum pemerintahan adalah tindakan yang dilakukan oleh Badan
atau Pejabat Tata Usaha Negara dalam rangka melaksanakan urusan
pemerintahan. Tindakan pemerintahan memiliki beberapa unsur yaitu
sebagai berikut :
• Perbuatan itu dilakukan oleh aparat Pemerintah dalam kedudukannya sebagai Penguasa maupun sebagai alat perlengkapan pemerintahan (bestuurs-organen) dengan prakarsa dan tanggung jawab sendiri;
• Perbuatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi pemerintahan;
• Perbuatan tersebut dimaksudkan sebagai sarana untuk menimbulkan akibat hukum di bidang hukum
• Perbuatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi pemerintahan;
• Perbuatan tersebut dimaksudkan sebagai sarana untuk menimbulkan akibat hukum di bidang hukum
administrasi;
• Perbuatan yang bersangkutan dilakukan dalam rangka pemeliharaan kepentingan negara dan rakyat.
Dalam negara hukum (rechtstaat) setiap tindakan pemerintahan harus berdasarkan atas hukum), karena dalam negara yang berdasarkan hukum (rule of law) terdapat prinsip wetmatigheid van bestuur atau asas legalitas. Asas ini menentukan bahwa tanpa adanya dasar wewenang yang sah diberikan oleh suatu peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka segala macam aparat pemerintah tidak akan memiliki wewenang yang dapat mempengaruhi atau mengubah keadaan atau posisi hukum warga masyarakatnya. Asas legalitas menurut Sjachran Basah, berarti upaya mewujudkan duet integral secara harmonis antara paham kedaulatan hukum dan paham kedaulatan rakyat berdasarkan prinsip monodualistis selaku pilar-pilar, yang sifat hakikatnya konstitutif.
• Perbuatan yang bersangkutan dilakukan dalam rangka pemeliharaan kepentingan negara dan rakyat.
Dalam negara hukum (rechtstaat) setiap tindakan pemerintahan harus berdasarkan atas hukum), karena dalam negara yang berdasarkan hukum (rule of law) terdapat prinsip wetmatigheid van bestuur atau asas legalitas. Asas ini menentukan bahwa tanpa adanya dasar wewenang yang sah diberikan oleh suatu peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka segala macam aparat pemerintah tidak akan memiliki wewenang yang dapat mempengaruhi atau mengubah keadaan atau posisi hukum warga masyarakatnya. Asas legalitas menurut Sjachran Basah, berarti upaya mewujudkan duet integral secara harmonis antara paham kedaulatan hukum dan paham kedaulatan rakyat berdasarkan prinsip monodualistis selaku pilar-pilar, yang sifat hakikatnya konstitutif.
Meskipun demikian, tidak selalu setiap tindakan pemerintahan tersedia
peraturan peraundang-undangan yang mengaturnya. Dapat terjadi, dalam
kondisi tertentu terutama ketika pemerintah harus bertindak cepat untuk
menyelesaikan persoalan konkret dalam masyarakat, peraturan
perundang-undangannya belum tersedia. Dalam kondisi seperti ini, kepada
pemerintah diberikan kebebasan bertindak (discresionare power) yaitu melalui freies Ermessen (Lihat dalam ST. Marbun dan M.Mahfud MD, 2000:46),
yang diartikan sebagai salah satu sarana yang memberikan ruang bergerak
bagi pejabat atau badan-badan administrasi negara untuk melakukan
tindakan tanpa harus terikat sepenuhnya pada undang-undang.
Berbicara mengenai sebuah kebijakan dan sebuah keputusan yang dilakukan
oleh seorang pejabat (fungsionaris pemerintah) yang mengeluarkan hal
tersebut, berdasarkan Ilmu Hukum maka akan masuk ke dalam ranah hukum
administrasi negara. Dimana hukum administrasi negara ini tentu harus
dibedakan dengan hukum pidana yang mengatur tentang sanksi pidana atas
perbuatan terhadap kejahatan dalam jabatan sebagaimana yang telah
penulis kemukakan tersebut di atas, serta sebagaimana diatur dalam Buku
II Bab XXVIII Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).
Dalam hukum administrasi negara tidak dikenal sanksi pidana, karena
dalam lingkup administrasi Negara mengenal adanya sanksi tersendiri yang
dikenal dalam hukum administrasi negara, antara lain yaitu:
- Teguran baik lisan maupun tertulis;
- Penurunan pangkat;
- Demosi dan pembebasan dari jabatan; atau
- Diberhentikan dengan tidak hormat dari suatu jabatan tertentu.
3. Prinsip dan Serangan
Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak.
Sebuah prinsip merupakan roh dari sebuah perkembangan ataupun perubahan, dan merupakan akumulasi dari pengalaman ataupun pemaknaan oleh sebuah obyek atau subyek tertentu.
Serangan adalah sebuah operasi militer yang berusaha melalui agresif angkatan bersenjata untuk menduduki wilayah, memperoleh atau mencapai tujuan strategis yang lebih besar, operasional atau tujuan taktis. Istilah lain untuk sebuah serangan yang sering dipakai oleh media adalah invasi. Pada dasarnya serangan dilakukan dengan kekuatan fisik. Serangan dapat dilakukan dengan kekuatan lain seperti kekuatan ekonomi, kekuatan budaya, kekuatan politik dan kekuatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. contoh kasusnya
Contoh
Kasus CYBER CRIME dalam Dunia Perbankan
Saat ini terjadi pergeseran pola carding. Kalau dulu
mereka lebih mengincar barang-barang yang mahal dan langka, kini uang yang
dicari. Misalnya, kini marak carding untuk perdagangan saham secara online.
Pelaku carding dari Indonesia berfungsi sebagai pihak yang membobol kartu
kredit, dan hasilnya digunakan oleh mitranya di luar negeri untuk membeli saham
secara online. Keuntungan transaksi itu kemudian ditransfer ke sebuah rekening
penampungan, yang kemudian dibagi lagi ke rekening anggota sindikat. Setelah
isu carding mereda, kini muncul bentuk kejahatan baru, yakni pembobolan uang
nasabah melalui ATM atau cracking sistem mesin ATM untuk membobol dananya
Kepercayaan terhadap perbankan tidak hanya terkait
dengan keamanan simpanan nasabah di bank tersebut, tetapi juga terhadap
keamanan sistem dan prosedur, pemanfaatan teknologi serta sumber daya manusia
dalam memberikan pelayanan kepada nasabah.
Salah satu aspek risiko yang hingga kini belum
banyak diantisipasi adalah kegagalan transaksi perbankan melalui teknologi
informasi (technology fraud) yang dalam risiko perbankan masuk kategori sebagai
risiko operasional. Secara umum, risiko operasional, menurut Basel Accord,
didefinisikan sebagai kerugian akibat terjadinya kegagalan
akibat faktor manusia, proses, dan teknologi yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian pendapatan bank.
Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, proses operasional sebagian besar bank saat ini dilakukan selama 24 jam tanpa mengenal batasan jarak, khususnya bagi bank-bank yang telah dapat melakukan aktivitas operasionalnya melalui delivery channels, misalnya ATM, internet banking, phone banking, dan jenis transaksi media elektronik banking lainnya.
akibat faktor manusia, proses, dan teknologi yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian pendapatan bank.
Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, proses operasional sebagian besar bank saat ini dilakukan selama 24 jam tanpa mengenal batasan jarak, khususnya bagi bank-bank yang telah dapat melakukan aktivitas operasionalnya melalui delivery channels, misalnya ATM, internet banking, phone banking, dan jenis transaksi media elektronik banking lainnya.
Dengan demikian, ngendalian dan pengawasan operasio-
nal harus dilakukan pula secara 24 jam dan harus bersifat menyeluruh.
Peng-awasan dan pengendalian operasional ndak dapat lagi dilakukan dengan
metode sample semata untuk memastikan bahwa operasional bank telah berjalan
dengan baik.
Situs Bank “Aspal” Mengecoh Nasabah
Dunia perbankan
dalam negeri juga digegerkan dengan ulah Steven Haryanto, yang membuat situs
asli tetapi palsu layanan perbankan lewat Internet BCA. Lewat situs-situs
“Aspal”, jika nasabah salah mengetik situs asli dan masuk ke situs-situs
tersebut, identitas pengguna (user ID) dan nomor identifikasi personal (PIN)
dapat ditangkap. Tercatat 130 nasabah tercuri data-datanya, namun menurut
pengakuan Steven pada situs Master Web Indonesia, tujuannya membuat situs
plesetan adalah agar publik memberi perhatian pada kesalahan pengetikan alamat
situs, bukan mengeruk keuntungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar