Sabtu, 29 Juni 2013

web dan perilaku penggunaan / interaksi manusia-komputer
Web & perilaku pengguna / IMK
                Orang – orang dalam pencarian situs atau ingin mencari sebuah artikel yang ia cari maka dia harus menulis keyword pada google. Di sinilah berlaku nya SEO pada sebuah situs dari masing masing web, dimana dia akan mempunyai kata kunci agar orang menulis kata kunci yg dia telah tetapkan akan tertuju ke website mereka. Biasanya mereka menggunakan kata kunci yang umum atau yang biasa kepikiran sama orang untuk dijadikan keyword.
Web & perilaku social
                Sebuah social network selain untuk berbagi cerita dengan orang lain, disana juga bisa memperlihatkan jati diri orang masing masing itu seperti apa, dari update status nya, dari update foto foto nya dia, contoh dia suka update foto foto yang islami , berarti ia seorang yg religious atau dia sering update status yang tidak berguna kemungkinan ia orang yang cerewet di lingkungan hidup asli nya, jadi social network dapat menggambarkan siapa diri dia dan seperti apa dia.
                Selain dapat merefleksikan perilaku masing masing orang , social network juga dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Contoh nya saja sekarang lagi zaman nya sebelum makan siang di foto lalu di upload ke social network, setelah itu makanan nya dimakan. Ada lagi update status selagi di tempat yang mereka kunjungi , contoh nya kita jalan jalan ke puncak , lalu kita update status di social network “@puncak with my friends”.
Ekonomi Web
Sistem penjualan yang baik saat ini adalah sitem yang berbasiskan pada jaringan. Maksudnya, system penjualan ini bersifat online. Adapun manfaat dari pada system ini bisa dirasakan bagi kedua belah pihak yakni pihak penjual dan pembeli.
Bagi para penjual, menerapkan system seperti ini berarti memangkas pengeluaran yang biasa dikeluarkan dalam system lama. Seperti, jika pada system lama kita harus membuka cabang baru demi melebarkan sayap bisnis kita, tidak dengan system online. Karena dengan system ini penjual dapat memperkenalkan hasil produknya ke halayak melalui suatu web. Dimana setiap orang (konsumen) tidak hanya di satu lokasi bisa mengakses untuk mencari informasi akan barang yang diperlukan, tanpa perlu membuka cabang/kantor pemasaran baru.
Bagi para konsumen, system ini sangatlah membantu. Karena konsumen tidak perlu datang langsung ke lokasi untuk membeli barang yang diinginkan, mengingat kondisi lalu-lintas kota yang cukup ramai yang menyebabkan terlalu banyak waktu yang kita buang dijalan untuk sampai ke lokasi. Maka dengan system penjualan online ini, konsumen bisa mendapatkan barang yang diinginkan cukup dari tempat duduknya.
System penggajian konvensional yang masih berjalan pada perusahaan - perusahaan konvensional mengakibatkan timbul banyaknya permasalahan dimulai dari proses yang lama, aliran data yang rumit, sampai pada tahap terakhir yaitu tahap penyerahan gaji kepada karyawan.
Web & perilaku pengguna / IMK
                Orang – orang dalam pencarian situs atau ingin mencari sebuah artikel yang ia cari maka dia harus menulis keyword pada google. Di sinilah berlaku nya SEO pada sebuah situs dari masing masing web, dimana dia akan mempunyai kata kunci agar orang menulis kata kunci yg dia telah tetapkan akan tertuju ke website mereka. Biasanya mereka menggunakan kata kunci yang umum atau yang biasa kepikiran sama orang untuk dijadikan keyword.
Web & perilaku social
                Sebuah social network selain untuk berbagi cerita dengan orang lain, disana juga bisa memperlihatkan jati diri orang masing masing itu seperti apa, dari update status nya, dari update foto foto nya dia, contoh dia suka update foto foto yang islami , berarti ia seorang yg religious atau dia sering update status yang tidak berguna kemungkinan ia orang yang cerewet di lingkungan hidup asli nya, jadi social network dapat menggambarkan siapa diri dia dan seperti apa dia.
                Selain dapat merefleksikan perilaku masing masing orang , social network juga dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Contoh nya saja sekarang lagi zaman nya sebelum makan siang di foto lalu di upload ke social network, setelah itu makanan nya dimakan. Ada lagi update status selagi di tempat yang mereka kunjungi , contoh nya kita jalan jalan ke puncak , lalu kita update status di social network “@puncak with my friends”.
Ekonomi Web
Sistem penjualan yang baik saat ini adalah sitem yang berbasiskan pada jaringan. Maksudnya, system penjualan ini bersifat online. Adapun manfaat dari pada system ini bisa dirasakan bagi kedua belah pihak yakni pihak penjual dan pembeli.
Bagi para penjual, menerapkan system seperti ini berarti memangkas pengeluaran yang biasa dikeluarkan dalam system lama. Seperti, jika pada system lama kita harus membuka cabang baru demi melebarkan sayap bisnis kita, tidak dengan system online. Karena dengan system ini penjual dapat memperkenalkan hasil produknya ke halayak melalui suatu web. Dimana setiap orang (konsumen) tidak hanya di satu lokasi bisa mengakses untuk mencari informasi akan barang yang diperlukan, tanpa perlu membuka cabang/kantor pemasaran baru.
Bagi para konsumen, system ini sangatlah membantu. Karena konsumen tidak perlu datang langsung ke lokasi untuk membeli barang yang diinginkan, mengingat kondisi lalu-lintas kota yang cukup ramai yang menyebabkan terlalu banyak waktu yang kita buang dijalan untuk sampai ke lokasi. Maka dengan system penjualan online ini, konsumen bisa mendapatkan barang yang diinginkan cukup dari tempat duduknya.
System penggajian konvensional yang masih berjalan pada perusahaan - perusahaan konvensional mengakibatkan timbul banyaknya permasalahan dimulai dari proses yang lama, aliran data yang rumit, sampai pada tahap terakhir yaitu tahap penyerahan gaji kepada karyawan.


A. Perilaku Navigasi
pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by NavinoT”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.

      Permasalah dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.

Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas Pencarian (Search)

  B. Perilaku Pencarian

Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.

dalam kasus seperti diatas kita ingin membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.
A. Web merefleksikan perilaku sosial
        
web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakaksea situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada. 

    B. Web mempengaruhi perilaku sosial
web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak postifnya adalah :
1. lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
3. mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

dampak negatif :
1. munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. adanya plagiatisme
3. munculnya pencurian/hack
4. munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar